Panen Padi Semarak di Wilayah Wawotobi, Konawe Sultra

By Admin


nusakini.com - Konawe - Panen padi terlihat demikian semarak di wilayah Wawotobi Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Panen padi ini dilakukan Kelompoktani (Poktan) Wawanggonawe, Nohu-Nohu, Kec. Wawotobi, Kamis (8/2/2018).

Kegiatan panen petani ini juga dihadiri Kepala BPTP Sulawesi Tenggara, Dinas Pertanian, Babinsa, Peneliti, Peneliti, Penyuluh, Teknisi Litkayasa dan Kelompoktani.

Suharto, Penyuluh Pertanian Nohu-Nohu menjelaskan bahwa luas hamparan yang bakal dipanen sebesar 192 ha.

“Sedangkan luas dipanen hari ini 10 ha. Varietas yang dipanen adalah Mekongga dan Ciherang dengan hasil 4 ton GKP per hektar”, jelas Soharto, Kamis (8/2/2018)

Sementara itu, Ketua Kelompoktani Wowanggonawe, Tasrim mengatakan produksi gabah di kelompoknya masih rendah, antara lain disebabkan penerapan teknologi oleh petani belum optimal.

Samrin SP, Peneliti BPTP Sulawesi Tenggara mengungkapkan varietas yang dipanen masih varietas lama yaitu Mekongga dan Ciherang. 

“Perlunya pergiliran varietas dan penggunaan varietas unggul baru seperti Inpari 30, 33, 40 dan 43. Varietas baru tersebut bisa dilihat di Kp Wawotobi”, sarannya. (p/eg)